INVESTMENT CASTING

Investment casting adalah istilah yang akhir-akhir ini sering muncul dalam penjelasan spesifikasi di hampir semua produk/part BMX, tapi apakah sebenarnya investment casting? Dari penampilan luarnya mungkin kalian berpikir bahwa itu adalah proses produksi yang menggunakan sihir yang bisa mengubah komponen sepeda kalian seperti fork, frame atau crank menjadi satu bongkah benda tanpa adanya pengelasan. Benar kan?  Sebenarnya masih kurang tepat, mari kita bedah sama-sama


Pertama gw mau bilang kalau investment casting itu bukan hal baru, faktanya hal adalah proses tertua untuk membentuk benda berbahan metal dalam sejarah manusia, bahkan sebelum BMX mengadopsinya, Proses ini digunakan untuk hampir semua jenis dari desain sepeda,  jadi bukan hal baru juga untuk dunia sepeda. Pada dasarnya ini adalah proses menuangkan besi cair panas kedalam cetakan (mold atau casting) untuk membuat bagian (headtube triangle, dropout fork, dropout chain stay) yang mempunyai desain rumit, menyita waktu dan biaya apabila diterapkan pada pengerjaan CNC dan lainya. Kebanyakan orang mengira baigian yang di cetak itu adalah satu bagian tanpa adanya sambungan  “bukan” tapi dibuat dengan sleeve atau sambungan yang berupa pipa diameter kecil masuk ke dalam pipa yang diameternya lebih besar  sebelum proses pengelasan, seperti layaknya pipa air pvc dengan sambungan L atau T.

Ada beberapa kelebihan terhadap investment cast, yang pertama estetika (keindahan) ukiran logo, bentuk seperti halnya dropout dari fork dan boss spindle dan crank juga melakukan hal yang sama. Kedua yang berkaitan dengan estetika adalah struktur karena pengelasan bisa ditempatkan diatas bagian yang mendapat tekanan tinggi seperti dropout leg junction sampai bagian atas dari bagian yang dicetak fork leg, hal ini dilakukan agar pengelasan bisa lebih halus tanpa mengorbankan kekuatan, teknik pengerjaan seperti ini membuat sebuah produk kelihatan seperti satu bongkahan yang menyatu tanpa adanya pengelasan.

Drop out pada Federal DLX Frame

Animal Street Fork Offset

Kelebihan lainnya adalah tidak seperti pengelasan biasa, bagian yang dicetak berada pada posisi yang aman pada saat didinginkan setelah pengelasan sehingga tidak merubah bentuknya. Panas ekstrim dari pengelasan tradisional bisa menyebabkan perubahan bentuk atau bahkan bisa mengotori pipa, karenanya hal ini bisa mengurangi jumlah pengelasan yang tidak perlu dilakukan pada bagian yang hanya terkena tekanan sedikit. Untuk harga part dengan spesifikasi invesment casting  biasanya di bandrol lebih mahal dari pada part yang masih mengunakan pengelasan tradisional.