ISTILAH DALAM BMX PART I

Kali ini kita akan bahas soal istilah dalam produk BMX mulai dari Chromoly 4130, Butted dan Sraight Gauge.istilah tersebut sering di sebut pada sebuah produk seperti Frame, Fork, Bars, Crank sampai beberapa part kecil di BMX. mungkin sebagian anak muda yang baru main BMX tidak memperdulikan soal ini atau memang tidak mengerti? Ok langsung aja kita mulai

Cromoly 4130

Cromoly 4130 salah satu istilah yang kalian sering ketemui di bagian part BMX khususnya pada frame, fork, bars dan crank di buat dari bahan ini. Tapi apa sebenarnya arti dari 4130? 4130 memiliki arti ilmiah angka itu dikeluarkan oleh American Iron & Steel Institute dan mampunyai alasan tertentu. Chromoly 4130 adalah baja campuran yang terdiri dari 2 atau lebih elemen logam, terutama untuk memberi kekuatan atau ketahanan yang lebih besar terhadap korosi/karat. Dua bagian itu adalah Kromium dan molybdenum.

Kromium didefinisikan sebagai unsur kimia nomor atom 24, logam putih keras yang di gunakan dalam baja tahan karat dan paduanya.

Molybdenum didefinisikan sebagai unsur kimia nomor atom 42, logam abu-abu perak rapuh dari seri transisi yang di gunakan pada baja paduan.

Angka 41 menunjukkan baja panduan rendah yang mengandung kedua bahan di atas. Sedangkan 31 menujukan material memiliki kandungan karbon 0,3%, 4130 berarti baja paduan dari kromium dan molybdenum yang memiliki kadar karbon 0,3%

Jadi kenapa BMX harus mengunakan chromoly 4130? Cromoly jauh lebih kuat dari pada baja biasa 1020. yang berarti kita tidak memerlukan bahan yang tebal/berat untuk menghindari retak/pecah pada bagian BMX. Ada beberapa banyak faktor juga menbuat produk yang terpenting adalah berat, kekuatan dan biaya. 4130 adalah bahan yang menawarkan kekuatan tinggi, ringan  dan harga yang tidak berlebihan. 4130 merupakan material yang mudah di bentuk dan bisa di tekuk seperti pada bagain dari bars.

Butted Tubing

Butted adalah istilah yang sering kita lihat pada produk BMX. Tubing Butted adalah sebuah pipa yang keteballan di dalamnya berbeda-beda namun di bagian luarnya tetap sama. Misalnya pada Frame BMX double butted di bagian ujung pipa biasanya lebih tebal dari pada bagian pipa tengahnya. Contoh seperti gambar di bawah.

Hal ini bertujuan untuk memperkuat tabung yang lebih tebal untuk menahan tekanan yang tinggi dan memungkinkan pengelasan dengan baik. Tabung bisa tipis di bagian tengah karena bagian ini jarang sekali mengalamin keretakan pada Frame BMX maka dari itu bagian pinggir dekat lasan di buat lebih tebal karna di bagian itu yang sering mengalami retakan. Frame BMX butted biasnya lebih ringan dari pada frame yang mengunakan tabung sraight gauge

Beberapa brand telah menerapkan di Frame dan Bars sampai dengan 9-butted bahkan ada yang membuat sampai 13-butted seperti Federal bars, Tall Order bars karena di setiap lengkungan di bagian yang mendapatkan tekanan tinggi pasti berbeda-beda ketebalanya dan bagian yang tipis berada pada titik yang tidak mendapatkan tekanan. contoh gambar di bawah

Jenis-jenis tabung

Straight Gauge

Sraight Gauge tubing mirip dengan butted tubing yang membedakan tabung ini memiliki ketebalan dalam yang konstan ujung tabung sama tebalnya seperti tengah tabung. Sraight Gauge tabung sama kuatnya seperti tabung double butted pada frame bmx namun tabung ini lebih kaku dan dapat mengurangi feleksibel pada saat mendapatkan tekanan yang berat seperti saat drop / mendarat. Tabung ini juga lebih berat dari pada tabung butted karna lebih tebal.

note: Semua bahan tubing tersebut tidak dijual bebas di pasaran karena harus order khusus ke pabrik pembuatnya dan harus disesuaikan dengan design dari masing masing partnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *