PERKEMBANGAN STEM BMX

Stem BMX berkembang dari masa ke masa berikut ini kita akan jelasin berbagai macam cara pembuatan stem dan hampir semua brand memakai cara yang sama.

1. CASTING STEM

Cara ini digunakan pada BMX era tahun 80-an sampai sekarang dengan budget produksi yang murah dan akhirnya stem jenis ini kualitasnya kurang bagus dibanding dengan stem yang diproduksi dengan sistem CNC, karena bahan dasarnya alumunium padat yang di cairkan menurunkan sifat alumunium itu sendiri dan lebih mudah pecah atau patah. Cara produksinya dari alumunium yang di panaskan sampai mencair lalu di cetak.

Mission Control Stem










Berikut ini link bagaimana cara casting itu dibuat


2. CNC STEM

Computer Numerical Control / CNC adalah nama mesin yang di program oleh computer dengan nama programnya CAT. Hampir semua brand BMX mengunakannya untuk membuat beberapa part karna hasilnya sangat detail dan tidak harus mencairkan alumunium. Karna dari bahan dasar alumunium padat kualitas partnya pun menjadi sangat kuat cuma cost produksi mengunakan CNC tinggi dan menjadikan harga stem buatan CNC cukup mahal di banding casting.

Animal Jump Off Remix Stem








 

 

Berikut ini link bagaimana cara CNC stem dibuat

3. COLD FORGING

Cold Forging teknologi di terapkan di part BMX pada tahun 2016. Dengan cara mendinginkan alumunium padat pada suhu tertentu lalu di masukan kedalam mesin pres tekanan tinggi yang sudah ada molding/cetakan dari design stem tersebut. Kelebihan dari cold forging tidak mencairkan alumunium jadi tidak mengurangi sifat alumunium itu sendiri dan cost produksinya lebih murah dari pada CNC. Kekuranganya tidak bisa sedetail stem buatan CNC. Hampir semua brand BMX sekarang mengunakan teknologi karna cost lebih rendah dan dapat menjual stem lebih murah dari buatan CNC.

Federal Element Stem









Berikut ini link bagaimana cara Cold Forged dibuat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *